RPP HOTS integrasi Literasi,PPK dan Pembelajaran abad 21


Format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP )

Satuan Pendidikan         : SMK
Mata Pelajaran                 : Matematika
Kelas/ Semester              : XI / 3
Materi Pokok                    : Aturan Sinus-Cosinus
Alokasi Waktu                  : 2 x 45’ ( 1 x pertemuan)

A.     Kompetensi Inti (KI)
KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Matematika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI 4
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Matematika.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

 B.     Kompetensi Dasar (KD), Indikator Pencapaian Kompetensi

No
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.13
Menerapkan aturan sinus dan cosinus

1.13.1.  Menguraikan aturan sinus.
1.13.2.  Menguraikan aturan cosinus.
3.13.4.   Menerapkan aturan sinus pada segitiga sembarang untuk menentukan panjang sisi yang tidak diketahui.
3.13.6.  Menerapkan aturan sinus pada segitiga sembarang untuk menentukan besar sudut yang tidak diketahui.
3.13.7.   Menerapkan aturan cosinus pada segitiga sembarang untuk menentukan panjang sisi yang tidak diketahui.
3.13.8.  Menerapkan aturan cosinus pada segitiga sembarang untuk menentukan besar sudut yang tidak diketahui.
3.13.9.  Menganalisis masalah yang berhubungan dengan pencarian panjang sisi atau besar sudut pada segitiga sembarang.
4.13
Menyelesaikan permasalahan kontekstual dengan aturan sinus dan kosinus
4.13.1.   Menuliskan persamaan matematika berdasarkan aturan sinus-cosinus dengan tepat sesuai dengan hasil identifikasi masalah.
4.13.2.   Menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan aturan sinus-kosinus.
4.13.3.   Menafsirkan hasil analisis penyelesaian masalah yang berhubungan dengan pencarian panjang sisi atau besar sudut pada segitiga sembarang.
C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah berdiskusi, menggali informasi melalui model pembelajaran discovery learning peserta didik dapat menganalisis aturan sinus-kosinus serta menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan aturan sinus dan kosinus dengan mengedepankan perilaku jujur, santun, disiplin, rasa ingin tahu, bertanggung-jawab, responsif dan proaktif selama proses pembelajaran.

D.     Materi Pembelajaran
E.      Metode Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran
:
Pendekatan Saintifik ( Scientific )
Model pembelajaran       
:
Penemuan (Discovery learning)
Metode
:
Diskusi kelompok, tanya jawab dan pemberian tugas
F.      Media Pembelajaran
            -        Laptop / komputer/ Smartphone.
            -        LCD Projector
            -        Kalkulator saintifik
            -        Bahan Tayang / PPT Aturan Sinus-Kosinus pertemuan 2.
            -        LKPD
            -        Penggaris, Busur Derajat, Pensil.
 G.      Sumber belajar
-        Kasmina dan Toali. (2013). Matematika untuk SMK kelas XI. Jakarta: Erlangga
-        Manulang, S. dkk. (2017). Matematika untuk SMA/MA/SMK/MAK kelas XI Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kemendikbud
-        Internet (situs rumah belajar)
-        Internet (situs ruang guru)
-        Internet (sumber belajar.seamolec.org)

H.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
 Pertemuan Ke 2

TAHAP PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
ALOKASI WAKTU
      A.     Kegiatan Pendahuluan
Pendahuluan
(persiapan/orientasi)
Pendahuluan:
-          Menumbuhkan perilaku santun dan religius peserta didik melalui pembiasaan memulai pembelajaran dengan salam dan berdoa.
-          Membiasakan membaca Al-Qur’an menggunakan media e-qur’an diawal pembelajaran untuk menumbuhkan budaya literasi baca tulis dan literasi digital.
-          Memeriksa kehadiran peserta didik dan kerapihan sebagai pembiasaan perilaku disiplin.

5
Apersepsi
-          Menyampaikan informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran  serta metode yang akan dilaksanakan.

5
Motivasi




Peserta didik diberikan motivasi dengan menayangkan “Video mengenai Cara Kerja mesin Engine Mobil” untuk memberikan wawasan kepada peserta didik menggenai manfaat dari penerapan aturan sinus-kosinus yang akan di bahas pada pertemuan hari ini.
5’
     B.     Kegiatan Inti
Fase I
Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)


-        Peserta didik diminta mengamati pergerakan piston pada cara kerja mesin engine mobil untuk menumbuhkan rasa ingin tahu, seperti contoh berikut :
Disajikan empat buah piston dan mekanisme putaran.
Dari pergerakan piston-piston tersebut kita dapat membuat 4 buah segitiga sembarang, yaitu :
1.       Segitiga sembarang yang terbentuk saat langkah hisap.
2.       Segitiga sembarang yang terbentuk saat langkah kompresi.
3.       Segitiga sembarang yang terbentuk saat langkah kerja
4.       Segitiga sembarang yang terbentuk saat langkah buang.
 
Peserta didik diberi pertanyaan :
Jika ukuran dari segitiga sembarang yang di bentuk oleh Pinston seperti pada gambar di bawah ini ,
Bagaimana anda menentukan panjang sisi dan besar sudut yang dibentuk pada segitiga sembarang yang telah dibentuk oleh pinston tersebut ?
5’
Fase II
Problem statement (identifikasi masalah)


-        Memotivasi peserta didik agar terlibat pada aktivitas Pemecahan masalah agar secara reponsif mengemukakan ide secara lisan.
-        Mendorong peserta didik untuk berfikir dan mencurahkan pendapatnya dalam mengidentifikasi masalah dalam menentukan panjang sisi atau besar sudut segitiga sembarang
-        Peserta didik bersama guru merumuskan masalah yang harus dijawab selama pembelajaran, yaitu bagaimana cara memperoleh data/informasi tentang cara menentukan panjang sisi AB pada segitiga (a) dan menghubungkan pemikiran peserta didik dengan konsep trigonometri pada segitiga siku-siku yang telah dipelajarinya bahwa untuk menentukan sisi-sisi dan besar sudut pada sebuah segitiga siku-siku dapat menggunakan perbandingan trigonometri. Sehingga untuk menentukan panjang sisi atau besar sudut segitiga sembarang peserta didik perlu menentukan cara yang lain.
5’
Fase III
Data collection (pengumpulan data)



-        Guru memandu peserta didik untuk menentukan panjang sisi atau besar sudut segitiga sembarang yang disajikan di awal kegiatan dengan cara meminta peserta didik menggambar segitiga menggunakan penggaris dan busur derajat dengan ukuran yang sebenarnya untuk melatih ketelitian , akurasi, dan kejujuran.
10’
Fase IV
Data processing (pengolahan data)

-        Peserta didik difasilitasi di berikan kebebasan untuk menentukan panjang sisi atau besar sudut segitiga sembarang yang telah dibuat dengan caranya sendiri.
(1)   Peserta didik diperbolehkan mengukur langsung panjang sisi segitiga yang tidak diketahui dengan menggunakan penggaris; atau mengukur besar sudut yang belum diketahui dengan menggunakan busur derajat
(2)   Atau peserta didik boleh membagi segitiga sembarang menjadi dua buah segitiga siku-siku lalu menggunakan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku untuk menentukan panjang sisi dan besar sudut yang belum diketahui.

20’
Fase V
Verification (pembuktian)

-   Dengan bimbingan guru, peserta didik diminta mengerjakan LKPD 2.1 untuk menemukan rumus aturan sinus dan cosinus serta menerapkannya pada masalah yang diberikan diawal kegiatan yaitu menentukan panjang sisi atau besar sudut.
-   Peserta didik difasilitasi untuk memferivikasi hasil pengolahan data dari hasil pengukuran sisi segitiga atau besar sudut dengan menggunakan aturan sinus dan cosinus yang sudah diperoleh untuk menggecek keabsahan perhitungan menggunakan penggaris akan mempunyai hasil yang sama dengan menggunakan rumus aturan sinus-cosinus.
20’
Fase VI
Generalization (menarik kesimpulan)

-   Dengan bimbingan guru, peserta didik membuat kesimpulan berkaitan dengan materi aturan sinus - cosinus dan mencatatnya dalam LKPD/buku catatan.
-   Peserta didik diminta mengerjakan quiz pada quizizz dalam rangka memfasililitasi peserta didik berlatih menerapkan aturan sinus-cosinus. 
5’
      C.      Kegiatan Penutup (10’)
Pemberian umpan balik dan tindak lanjut :
-          Peserta didik mengumpulkan seluruh pekerjaannya untuk dilakukan penilaian terhadap proses dan hasil yang telah dicapai peserta didik sebagai pembiasaaan perilaku bertanggung jawab.
-          Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan.
Menginformasikan rencana pembelajaran selanjutnya :
-          Memberikan tugas untuk memperdalam pemahaman materi dan menginformasikan materi yang akan dipelajari dipertemuan selanjutnya.
-          Mengakhiri pembelajaran dengan salam sebagai pembiasaan perilaku santun dan religius.

I.      Penilaian
a.       Teknik dan Bentuk Penilaian
No
Aspek
Teknik
Bentuk Instrumen
1
Sikap
Observasi
Lembar Pengamatan
2
Pengetahuan
·         Penugasan
·         Tes tertulis
·         LKS (terlampir)
·         Uraian (terlampir)
3
Keterampilan
·         Tes tertulis
·         Uraian (terlampir)


b.       Remedial
IPK
Kegiatan Pembelajaran Jika Peserta
Penilaian
< 20%
Tugas Individu
20% - 50%
Tugas Kelompok
> 50%
Pembelajaran Ulang
3.13.4 Menerapkan aturan sinus pada segitiga sembarang untuk menentukan panjang sisi yang tidak diketahui.
Tugas mencari contoh penyelesaian
Tugas latihan soal secara kelompok
Menjelaskan kembali materi
soal-soal setara dengan ulangan harian utama
3.13.5. Menerapkan aturan sinus pada segitiga sembarang untuk menentukan besar sudut yang tidak diketahui.
Tugas mencari contoh penyelesaian
Tugas latihan soal secara kelompok
3.13.6. Menerapkan aturan cosinus pada segitiga sembarang untuk menentukan panjang sisi yang tidak diketahui.
Tugas mencari contoh penyelesaian
Tugas latihan soal secara kelompok
3.13.7. Menerapkan aturan cosinus pada segitiga sembarang untuk menentukan besar sudut yang tidak diketahui.
Tugas mencari contoh penyelesaian
Tugas latihan soal secara kelompok
3.13.8. Menganalisis masalah yang berhubungan dengan pencarian panjang sisi atau besar sudut pada segitiga sembarang.
Tugas mencari contoh penyelesaian
Tugas latihan soal secara kelompok

c.       Pengayaan
Bagi siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
Nilai Peserta Didik (x)
Kegiatan Pembelajaran
Keterangan
NKB ≤ N ≤ NMakx
Diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
NKB = Nilai Ketuntasan Belajar
NMaks = Nilai maksimal ideal
N = Nilai yang dicapai peserta didik
N = NMaks
Diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.

J.      Bahan Ajar
 

 
 
 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH RPP PELUANG " PERMUTASI "